PELEPASAN SISWA-SISWI MTs PLUS NURUL IMAN ANGKATAN XIII
TAHUN PELAJARAN 2022-2023

Di Posting Oleh : Muh. Jafar Guhir Pada Tanggal :05 Jun 2023 , Jam : 03:16:08 WITA
Sudah Dibaca : 968 Kali
Dalam kategori :Humas
PELEPASAN SISWA-SISWI MTs PLUS NURUL IMAN ANGKATAN XIII

Gambar : sebelah Kanan, Foto bersama Pejabat Kemenag, Sekretaris PPO, Ketua Yayasan, Kepala Madrasah, Ketua Komite. Gambar: sebelah kiri, penampilan Hafiz-hafizah


(Kupang, Berita MTs Plus Nurul Iman).. “Tak terasa hari ini adalah hari yang sangat berkesan dan akan terkenang bagi kita semuanya, terutama bagi Siswa-Siswi Kelas IX MTs Plus Nurul Iman. Disadari atau tidak, kita telah banyak mengukir cerita dan sejarah bersama selama 3 (tiga) tahun. Ada suka, ada duka kita tanggung bersama dan Alhamdulillah dengan izin Allah SWT. kita telah disampaikan pada penghujung akhir perjuangan kita di MTs Plus Nurul Iman, semoga cerita indah dan baik menjadi ladang amal dan pahala buat bekal kita di Syurga-Nya, adapun cerita yang kurang sedap menjadi bagian dari bumbu episode perjalanan kita, yang akan menjadi modal besar untuk diambil hikmahnya menjadi manusia yang lebih baik. Kesempurnaan hanyalah milik Allah, manusia hanya bisa berusaha dan berdo’a untuk menggapainya.” inilah untaian kalimat pertama yang disampaikan oleh Kepala Madrasah Tsanawiyah Plus Nurul Iman Kupang, Ustaz Abd. Kadir Mau, S.HI dalam mengawali sambutan pada acara Pelepasan Siswa-Siswi Kelas IX MTs Plus Nurul Iman Angkatan XIII. Lebih lanjut Ustaz kelahiran Alor 43 tahun yang lalu ini juga berpesan kepada siswa-siswa MTs Plus Nurul Iman yang hendak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. ”Sudah tiba masanya kami harus melepaskan kalian untuk mengisi kehidupan yang lebih nyata, yaitu kehidupan bermasyarakat, semoga bekal yang telah kalian dapatkan selama ini, bisa kalian amalkan dan bisa berguna bagi semesta alam. Banyak tantangan yang akan kalian hadapi, jadikan itu sebagai nilai perjuangan dan ibadah. Dimanapun kalian berada, nilai ketaqwaan harus selalu hadir di setiap gerak langkah. Indikator keberhasilan yang diharapkan sejatinya bukan hanya kompetensi yang kalian raih selama di MTs, melainkan sebenarnya adalah nilai keistiqomahan yang bisa kalian jaga dan optimalkan setelah menjadi alumni dan di kehidupan bermasyarakat”.

Kepala Madrasah yang juga Alumni Universitas Muhammadiyah Kupang (UMK) ini juga mengutarakan harapannya dengan untai kalimat yang bijak “Harapan kami bukan hanya kalian bisa unggul dalam satu bidang saja, melainkan sejalan dengan visi dan misi kita, yakni unggul dalam segala hal, itulah kekhasan yang menjadi warna tersendiri. Kalian harus menjadi bagian dari solusi, bukan menjadi bagian dari masalah, sehingga kebermanfaatannya harus dirasakan oleh semua orang”.  

Ustaz Abdullah A. Bazher, S.Pd selaku Master of Ceremony (MC) utama mengawali pembukaan kegiatan pada Pukul 08.20 wita. dengan acara pertama yakni hiburan yang mempersembahkan Tarian Saman yang dibawakan oleh para siswi kelas VII dan kelas VIII yaitu: Aulia Rahima Lauwoie Kelas 8a, Citra Lestari Puan Rahima Kelas 8b, Nabila Fitriani Oemar Kelas 8b, Asfa Fadila Aji Santoso Kelas 8a, Humairah Yahyah Kelas 7c, Putri Taqiyyah Az-Zahrah Kelas 8a, Auliyani Mutiara Tsani Haryanto Kelas 8a, Jacinda Puji Qatrunnada Kelas 8a, Nur Cantika Putri Ema Lamau Kelas 7a.

Acara menjadi khidmat dan berkah dengan lantunan Al-Qur’an Surah Al Hasyr ayat 18-22 yang dibacakan oleh Taufiqurrahman Kelas IX C dan Salma Ruhupati Kelas IX A sebagai saritilawah menjadi urutan kedua agenda acara. Ustazah Kartini S. Tambunan, S.Si bertindak sebagai penandu pada acara ketiga yaitu menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Madrasah.

Acara yang diselenggarakan dari pagi hingga menjelang Dhuhur ini juga dihadiri oleh Para Tamu Undangan diantaranya adalah Drs. Yakobus Beda Kleden, MM. selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Kupang, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (PPO) yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Drs. Ambo MSi.), Melkianus Tofilus Rensini, S.Sos., MAB. selaku Kepala Sub bagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kota Kupang, Ketua Yayasan Nurul Iman, (Drs. H. Ismail Kasim, M.Pd), Ketua Komite MTs Plus Nurul Iman (Zulkarnain, S.Pd), Kepala Seksi Pendidikan Islam Kantor Kementerian Agama Kota Kupang  (Hj. Nuraini HS. Wahid,S.Pd. MM.), Pengawas Madrasah Kantor Kementerian Agama Kota Kupang (Siti Hawa, S.Pd., Drs. Jumini, serta Suwaibah Kapa, S.A. M.Pd) beserta orang tua/wali siswa-siswi kelas IX.

Ustaz Abubakar Sidiq M. Hasby, S.Si menjadi pemandu acara Prosesi Pelepasan Siswa-Siswi Kelas IX berupa penyematan selendang hafiz/hafizah dan penyerahan dokumen kepada semua peserta wisuda dengan membacakan satu persatu nama lengkap, hoby, cita-cita serta impian mengembangkan enterpreneur/kewirausahaan. Agenda acarapun dilanjutkan dengan Pidato Perpisahan oleh perwakilan siswa IX yang disampaikan oleh Lalu Muhammad Fahrey Alcaisary (Kelas IXa), serta Pemberian Penghargaan kepada siswa-siswi berprestasi yaitu Tahfiz terbaik diraih oleh Muhammad Hammam S. Guhir (Kelas IXc) dan Lalu Muhammad Fahrey Alcaisary, EFC terbaik diraih oleh Hikma Nur Syadia (Kelas IXa) dan Aulia Dewi Ramadhani (Kelas IXa), Enterpreneur terbaik diraih oleh Aulia Dewi Ramadhani dan Cita Insani (Kelas IXb), Dakwah Project terbaik diraih oleh Kelompok 6 dengan personil terdiri dari : Fadhil Ashraf Fahmi (Kelas IXa), Gavin Ilham Bintara (kelas IXc), Muhammad Hammam S. Guhir, Riesah Kasih Murni (Kelas IXc), Dhafa Hafiz Lutfi (kelas IXa), Hikma Nur Syadia.

Acara Pelepasan Siswa-Siswi MTs Plus Nurul Iman yang diselenggarakan pada Sabtu, 03 Juni 2023 juga menampilkan 4 (empat) orang hafiz-hafizah dalam melafalkah ayat suci Al Qur’an yaitu Cita Insani, Muhammad Hammam S. Guhir, Firlania Deran Amiran Lamanepa (Kelas IXc), Lalu Muhammad Fahrey Alcaisary.

Agenda Tahunan MTs Plus Nurul Iman yang mengambil tempat di Swiss-Belcourt Kupang juga diselingi dengan hiburan dengan berbagai Tarian, diantaranya adalah Tari Kreasi Medley Nusantara yang dipersembahkan oleh para siswi kelas IX yaitu: Aulia Dewi Ramadhani, Azizah Putri Amelia (kelas IXc), Hikma Nur Syadia, Sri Rejeki (kelas IXb), Anisa Kurniawaty (kelas IXc), Rahmawati Safitri Usman Patiradja (kelas IXb), Aura Adhitya Syahranee Angsar (Kelas IXc), Firlania Deran Amiran Lamanepa, dan Naurah Athirah Salsabila (Kelas IXb).

Dan Tarian Kreasi NTT Dendang Dikideng yang dipersembahkan oleh siswa-siswa putra kelas IX yakni Farel Fareza Muchlis (Kelas IXc), Reynaldy Fairus Azhan Lopu (Kelas IXc), Adhitya Himawan Djabar (Kelas IXa), Sultan Takdir Sabilah (kelas IXb), Pratama Indra Saputra (kelas IXb), Naufal Farraz Azmi Daffa (Kelas IXa), Muhammad Faisal (kelas IXb), Ibnul Afgansyah Arrifqy (Kelas IXa), Ardzal Chalil Ichwan (Kelas IXc).

Dipenghujung acara yang penuh kenangan ini, siswa-siswi MTs Plus Nurul Iman yang diwakili oleh Rahmawati Saputri Bethan (Kelas IXc), Taufiqurrahman (Kelas IXc), Roro Padmadani Budi Aminagara (Kelas IXa), juga menampilkan kepiawaiannya dalam berbahasa Inggris dalam acara story telling yang dipandu oleh narator Hikma Nur Syadia. Agenda acarapun ditutup dengan do’a yang dipimpin oleh Ustaz Sara Adi Usman Sulong, S.Pd.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment